Honeymoon Cystitis Penyakit Seksual Pada Pasangan Pengantin Baru

0
Kepada pasangan yang sedang menjalankan bulan madu...ini ada sedikit tips kesehatan untuk Anda. Mudah2an berguna....:) 
Salah satu hal yang sering di lakukan pasangan suami istri yang baru menikah adalah berhubungan seksual. 
                                                                                                                        Mungkin bisa berulang kali dalam sehari. Bolehkah itu di lakukan ? Tentu saja boleh. "Karena tidak ada larangan harus berapa kali berhubungan dalam satu hari. Asalkan suami istri itu menghendaki, "kata dr Ernawati Darmawan, SpOG.





Untuk itu agar aktivitas seksual lancar, masing-masing pihak harus menjaga organ intim mereka. Jika tidak dijaga dengan baik salah-salah si pengantin bisa terkena insfeksi tertentu. Salah satunya terkena penyakit infeksi yang biasa di kenal dengan istilah honeymoon cystitis. Yaitu peradangan pada saluran kemih akibat seringkali melakukan hubungan seksual tanpa memperhatikan kebersihan organ intim, dan biasanya dialami wanita.



“Itulah yang terjadi saat berhubungan seksual dengan gesekan pada muara saluran kemih. Gesekan yang berlebihan menyebabkan peradangan pada muara saluran kemih,” papar dokter spesialis kandungan di RS Premier Surabaya itu.
“Letak saluran yang sangat dekat dengan vagina dan anus bisa membuat bakteri pada vagina dan anus berpindah ke saluran kemih.
Dan, aktivitas seksual merupakan cara terampuh untuk menyebarkan bakteri itu, “imbuhnya.
Ditandai dengan perubahan warna urine yang menjadi keruh. Disertai seringnya merasa ingin buang air kecil, bahkan nyeri di sekitar organ intim wanita. Terkadang di sertai deman  dan mual.
Untuk pengobatannya, tentu saja di periksakan ke dokter, yang nantinya akan diberi resep obat penghilang rasa sakit dan antibiotic.

Agar gangguan honeymoon cystitis tidak muncul, cegahlah dengan membasuh organ intim menggunakan air bersih, sebelum dan sesudah berhubungan seksual. “Bisa juga dengan air hangat untuk mendapatkan efek nyaman, “saran Ernawati.
Pencegahan itu harus semakin intesif jika Anda pergi berbulan madu ke luar kota. Karena mau tidak mau Anda harus mengunakan toilet umum.
Jika itu terjadi, Ernawati menyarankan untuk membasuh organ intim tidak langsung dari kamar mandi. “Karena kita tidak bisa tahu kebersihan air itu. Beragam virus dan bakteri bisa saja bersarang dalam air itu. Gunakan air mengalir, “ kata Erna.
Cara lain yang bisa di gunakan adalah membawa air mineral, jika Anda mengunakan toilet kering. Atau tissue anti septic yang khusus untuk mengelap organ intim.
Jangan lupa keringkan dengan handuk atau tissue kering. Jangan lupa jaga kelembaban dan kebersihannya.
Hindari celana ketat, karena kulit susah bernapas. Untuk celana dalam, pilihlah dari bahan katun agar lebih nyaman dan menyerap keringat, “ saran Erna.

Lanjut ke hal lain yang tak kalah penting nya cara menjaga keharmonisan suami istri


taken from : Nyata Edisi 2127 hal 59

0 komentar: