Tips Mendokumentasikan Momen Pernikahan dengan Foto

0

1. Pilihlah fotografer atau studio yang professional sehingga kualitas hasilnya bagus.

    Paket foto pengantin dengan harga yang mahal bukan jaminan bahwa Anda akan mendapat kualitas terbaik. Kualitas foto pengantin tidak melulu di kaitkan dengan besarnya biaya yang harus Anda keluarkan. Jika Anda memilih syukur-syukur kalau Anda juga mengetahui setidaknya sedikit hal dasar mengenai fotografi, maka Anda akan lebih jeli mencari studio atau fotografer yang tidak membuat budget pernikahan Anda luar biasa.    

    Anda jangan langsung memilih produk dengan harga sangat murah dan di bawah rata-rata tanpa mempedulikan kualitasnya.  Perhatikan betul kualitas foto pernikahan yang telah dihasilkan jika harga yang ditawarkan ternyata di bawah rata-rata.


 3. Foto Studio
    Jika Anda memilih untuk melakukan foto pernikahan di studio foto yang lebih dari satu fotografer, pastikan Anda mengetahui benar hasil karyanya.  Anda dapat memilih dan menentukan fotografer mana yang ingin Anda ajak kerjasama. Sebelum hari pemotretan tiba, sempatkan bertemu dulu dengan sang fotografer.
Foto pernikahan Anda selain akan menjadi bagian dari dokumentasi juga akan menjadi karya seni, karenanya "chemistry" dan kesefahaman antara Anda, pasangan dan sang fotografer harus dibangun dulu sebelum pemotretan dilakukan. Ini juga berguna untuk mengetahui gaya yang sesuai  untuk Anda berdua.

 4. Hitam & Putih

   
 Jika foto pernikahan hitam dan putih menjadi pilihan, maka pastikan bahwa sang fotografer lah yang menangani langsung foto Anda tersebut. Hampir tidak mungkin mendapatkan hasil cetak foto hitam putih yang berkualitas kecuali sang fotografer menanganinya sendiri.

 5.  Pencahayaan


     Payung dan kotak-kotak yang terdapat di studio dimanfaatkan untuk membuat pencahayaan fotografi  pernikahan yang lebih lembut. Untuk itu, Anda harus menyimak betul penampilan  Anda sebelum di potret.

 6.  Kontrak
     Jika Anda membuat perjanjian dengan fotografer  wedding mengenai foto pengantin, misalnya jumlah foto yang akan Anda terima, apakah Anda juga akan mendapatkan dalam  bentuk CD atau tidak, maka jangan menaruh kepercayaan pada ucapan saja. Pastikan bahwa Anda dan pasangan membuat perjanjian tertulis dengan studio atau fotografer yang akan mengabadikan kenangan Anda berdua. Bentuk perjanjian tertulis paling sederhana adalah bukti pembayaran dengan rincian produk layanan yang akan Anda terima sebagai konsumen mereka.

taken from : Manajemen Pernikahan, Doni Slamet, Surya Media, 2011

0 komentar: