Mengenali sumber makanan Penambah Stamina (Bagian II-Habis)

0

Makanan Penambah Stamina
Mungkin, kita terheran-heran mendengar orang ramai-ramai mengkonsumsi daging beruang, daging dan tangkur buaya, yang konon dapat membuat laki-laki perkasa. Daging penyu dan telur penyu juga dipercaya dapat melipatgandakan gairah seksual. Makanan yang tidak pentingnya adalah cula badak.

Daging kambing juga diyakini orang dapat meningkatkan keperkasaan. Khususnya laki-laki. Tidaklah mengherankan, kaum laki-laki senang sekali  mengkonsumsi masakan yang berasal dari daging kambing. Mulai dari sate kambing, sampai gulai kambing. Hanya saja , keyakinan dan kepercayaan tentang semua itu tidak di dukung pembuktian ilmiah. Banyak para ahli gizi yang menilai hal tersebut hanyalah mitos. Akan tetapi, juga tidak sedikit para ahli yang meyakini bahwa mitos itu kemungkinan ada benarnya. Memang diperlukan bukti-bukti ilmiah serta dicari komponen aktif yang berperan menyebabkan daging kambing dapat meningkatkan libido.

Terlepas dari faktor mitos dan sugesti, kenyataan memang menunjukkan bahwa ada sumber-sumber makanan yang dapat meningkatkan gairah seksual. Beberapa jenis makanan yang terbukti baik untuk kesehatan seksual adalah apricot yang mengandung vitamin A cukup tinggi serta magnesium.  Zat-zat yang semuanya memiliki andil terhadap kesuburan. Jenis makanan itu sangat digemari oleh laki-laki Prancis. Sayuran brokoli tidak disangsikan lagi dapat meningkatkan rangsangan seksual karena kandungan vitamin A, C, dan B-5 yang cukup tinggi. Selain itu, broccoli juga mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan sebagai penangkal berbagai  macam penyakit degenerative yang berdampak menurunkan kemampuan seksual. Wortel juga mengandung pro vitamin A dan vitamin B-5 yang bermanfaat untuk produksi hormon seksual yang semuanya sangat baik untuk kesehatan syaraf.

Susu, khususnya susu kambing mengandung protein yang tinggi di duga dapat meningkatkan fungsi endokrin dan kelenjar seksual. Sumber protein lain yang sama baiknya adalah kuning telur. Kuning telur mengandung lesitin dan bermanfaat dalam produksi hormone seks  dan sperma. Telur sudah sejak lam digunakan dalam adonan jamu untuk penambah stamina laki-laki. Telur memiliki kandungan vitamin B yang cukup baik, terutama kandungan vitamin B-6 dan B-5 (asam pantio-tenik) yang berkhasiat membantu mengusir kejenuhan dengan kemampuan memberikan keseimbangan terhadap hormon dan energi.

Cokelat selama ini di tuduh sebagai penyebab kegemukan, padahal cokelat mampu menangkal berbagai penyakit termasuk penyakit kanker karena kandungan antioksidan yang tinggi. Selain itu, cokelat mengandung methylxanthin yang bersifat merangsang jaringan syaraf. Cokelat juga mengandung phenil-ethilamin yang dapat menimbulkan efek sensualitas pada orang yang mengkonsumsinya. Phenil-ethilamin merupakan komponen kimia yang diproduksi oleh otak saat manusia jatuh cinta. Aroma yang ditimbulkan cokelat membangkitkan suasana hati yang nyaman sehingga banyak perempuan muda di Amerika pada saat mentruasi (datang bulan) sering mengkonsumsi cokelat.

Makanan laut  (seafood), khususnya udang dan kerang-kerangan sangat bagus sebagai pendorong gairah sensual.Mungkin keadaan ini pula yang menyebabkan banyak laki-laki sesudah mengkonsumsi makanan jenis seafood menjadi sering tersenyum. Mineral yang berasal dari kerang adalah unsur vital yang mengoptimalkan fungsi otak dan syaraf. Kandungan seng kerang cukup tinggi, sangat baik untuk mengontrol produksi hormon seks dan mempunyai efek positif terhadap libido.
Mentega kacang tanah (peanut butter) dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual. Mentega kacang tanah mengandung L-arginin, yaitu suatu jenis asam amino penyusun molekul protein yang dapat meningkatkan dan melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Semakin lancer darah yang mengalir keseluruh tubuh, semakin tinggi jumlah darah yang mengalir ke organ seks. Semakin banyak darah yang mengalir ke organ seks, semakin kuat sensasi yang ditimbulkan. Selain itu, lancarnya aliran darah akan memunculkan rasa nikmat karena pesan-pesan syaraf yang mengalir lebih lancer. L-arginin terdapat juga pada beras merah dan kismis dengan kandungan yang cukup tinggi.

Buah-buahan yang diduga dapat meningkatkan libido adalah alpukat. Alpukat mempunyai tekstur yang lembut, yang dapat  menimbulkan sentuhan sensual saat berada di mulut. Alpukat tidak mengandung kolesterol dan garam natrium, tetapi mempunyai kandungan asam lemak tak jenuh tunggal cukup tinggi dan sangat baik untuk kesehatan secara keseluruhan.  Alpukat mengandung vitamin E, magnesium dan seng cukup tinggi yang sangat berperan dalam produksi hormon seks serta dapat meningkatkan stamina. Selain itu alpukat mengandung L-arginin dan niasin yang berfungsi untuk memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh. Jenis makanan lain yang mengandung zat gizi seperti  alpukat adalah asparagus, tomat, almond, labu kuning, biji bunga matahari dan kacang tanah.

Komponen Bioaktif dan khasiat Makanan Penambah Gairah
Makanan
Komponen Bioaktif
Khasiat
Alpukat
Cokelat
Biji labu kuning
Almond
Kuning telur
Seafood
Mentega, Kacang tanah
Madu
Vit E, Zn, Mg, L-arginin
Phenil-ethylamin
L-arginin
Vit E, Vit B
Vit B-6, Vit B-5, lesitin
Zn, protein
L –arginin
Karbohidrat, enzim
Kesehatan organ reproduksi, kesehatan syaraf, kesegaran otak, memperlancar aliran darah.
Mitos :
Daging kambing, daging penyu, telur penyu, daging buaya, tangkur buaya, daging beruang, cula badak, gingseng, telur angsa
Belum diketahui secara pasti
Dipercaya :Meningkatkan stamina, meningkatkan vitalitas, meningkatkan gairah seksual, meningkatkan kualitas seksual.

Resumed from : Sehat itu Mudah, Wujudkah hidup Sehat dengan makanan tepat, Prof.Dr.Ir. Ali Khomsan & Prof.Dr.Ir. Faisal Anwar

0 komentar: